Dalam Bulan Ramadhan Terdapat 3 Waktu Terkabulnya Doa, Ini Petunjuk dari Nabi

Dalam Bulan Ramadhan Terdapat 3 Waktu Terkabulnya Doa, Ini Petunjuk dari Nabi

Ramadhan adalah bulan mulia. Banyak keistimewaan terdapat di dalamnya. Peristiwa bersejarah juga banyak terjadi pada bulan ramadhan. Pada bulan ramadhan juga adalah mementun emas untuk beramal kebajikan dan berdoa sebanyak-banyaknya.

Bagi hamba yang benar-benar ingin hajatnya terkabul pasti bersungguh-sungguh dalam melantunkan doa di siang dan malam bulan ramadhan. Doa yang tak hanya terucap di lisan tapi juga dirasakan dalam hati.

Inilah tiga waktu tempat terkabulnya doa pada bulan ramadhan yang mulia, sebagai berikut:

Saat Sahur
Waktu sahur adalah waktu yang berkah. Akan dapat keberkahan orang yang bersahur. Di waktu sahur adalah waktu yang istijabah untuk berdoa.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ
“Rabb kita Tabaraka wa Ta’’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, ‘Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Al-Bukhari, 1145 dan Muslim, 758).

Saat Berpuasa
Orang yang berpuasa dapat keistimewaan dari Allah yaitu doanya terkabul.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ لَا تُرَدُّ، دَعْوَةُ الْوَالِدِ، وَدَعْوَةُ الصَّائِمِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ
“Ada tiga doa yang tidak akan ditolak: ‘doa orang tua (untuk anaknya), doa orang yang berpuasa, dan doa musafir.” (HR. Al-Baihaqi)

Rasulullah SAW juga bersabda:

إِنَّ لِلَّهِ عُتَقَاءَ مِنَ النَّارِ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ، وَلِكُلِّ مُسْلِمٍ فِي كُلِّ يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَةٌ
“Sesungguhnya Allah memiliki hamba-hamba yang dibebaskan dari neraka di setiap siang dan malam Ramadhan, dan bagi setiap muslim di setiap malam dan siangnya ada doa yang pasti dikabulkan.” (HR. Ath-Thobrani)

Imam Nawawi berkata, “sunnah bagi orang yang berpuasa memperbanyak doa dalam hal akhiraat dan dunia, serta memohon agar hajarnya cepat terkabul. Dan jangan lupa mendoakan kebaikan pada kaum muslimin secara kaffah.”

Saat Buka Puasa
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاثَةٌ لا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ
“Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak: (1) imam yang adil, (2) orang yang berpuasa ketika ia berbuka, dan (3) doa orang yang dizalimi.” (HR Tirmidzi)

Semoga kita para kaum shoimin dapat melaksanakannya dengan tekun dan istiqomah.

 

Sumber : Tentang Islam

 

Artikal Popular

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*